Laman

Senin, 23 Januari 2017

Kangaroo Math Contest Indonesia 2017




Kontes “Math Kangaroo” atau lebih dikenal dengan nama “Kangaroo Math Contest” pertama kali diadakan di Perancis pada tahun 1991 dan kemudian cepat menyebar serta terkenal di kalangan pelajar beberapa negara Eropa. Beberapa tahun kemudian, lembaga “Kangourou Sans Frontieres” didirikan, yang kemudian bertanggungjawab dalam pelaksanaan kontes tersebut.
Tujuan utama kontes tersebut adalah mengenalkan pemikiran matematis dan menumbuhkan minat pada matematika. Pada beberapa tahun terakhir, pelaksanaan kontes telah menyebar keluar benua Eropa dan Asia. Dan di tahun 2016, “Kangaroo Math Contest” diikuti oleh lebih dari 6 juta siswa/peserta, serta ratusan ahli matematika dari 69 negara telah berpartisipasi dalam kontes ini.


Di Indonesia, pelaksanaan “Kangaroo Math Contest” bekerjasama dengan “Surya Institute”. Untuk tahun 2017 ini, pendaftaran ditutup tanggal 27 Februari 2017 dan pelaksanaan kontes dijadwalkan pada hari Sabtu, tanggal 18 Maret 2017, terbagi dari “Grade 1” sampai dengan “Grade 12”. Biasanya untuk format soal bisa memilih, dalam bahasa inggris atau bahasa Indonesia.
Pembagian Divisi berdasarkan Grade atau Kelas :
  “Pre Ecolier”     : grade 1 dan grade 2
  “Ecolier”             : grade 3 dan grade 4
  “Benjamin”        : grade 5 dan grade 6
  “Cadet”               : grade 7 dan grade 8
  “Junior”              : grade 9 dan grade 10
  “Student”           : grade 11 dan grade 12

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut bisa menghubungi :
Whatsapp : 0856 9262 3056
Email          : mat.asyik@gmail.com

Sebagai bahan belajar dan latihan, berikut beberapa contoh soal “Kangaroo Math Contest” dari beberapa negara, per tahun berisi soal sesuai pembagian grade beserta kunci jawaban :

Canadian Kangaroo Math Contest

Singapore Math Kangaroo Contest

Kangaroo Math Competition Malaysia

Kangaroo Math Contest in Pakistan
 

3 komentar: