Laman

Minggu, 18 Desember 2016

Kumpulan Soal Kompetisi Matematika IMC

International Mathematics Competition atau IMC, diadakan pertama kalinya di Taiwan pada tahun 1999. Saat awal diselenggarakan, kompetisi ini diberi nama "International World Youth Mathematics Intercity Competition" disingkat IWYMIC dan hanya untuk level SMP atau Lower Secondary Level.

Kemudian pada tahun 2003 di Thailand, mulai diadakan kompetisi matematika untuk level Sekolah Dasar, yang diikuti oleh 14 negara dan diberi nama EMIC atau "Elementary Mathematics International Competition". Kedua lomba tersebut diadakan tiap tahunnya di beberapa negara secara bergantian. Pada tahun 2008 saat penyelenggaraan EMIC dan IWYMIC di negara Thailand, panitia setempat yaitu Kementerian Pendidikan Thailand menggabungkan dua lomba tersebut menjadi satu, dan sejak saat itu namaya berganti menjadi "International Mathematics Contest" atau IMC.



International Mathematics Competition atau IMC dibagi menjadi dua divisi :
1. Key Stage II Division  (Upper Primary Level)
2. Key Stage III Division  (Lower Secondary Level)

Peserta atau calon peserta, bisa mengikuti kompetisi ini berdasarkan undangan dari panitia ke negara peserta. Bagi negara yang diundang, bisa mengirimkan kontingen sampai 4 team tiap divisi. Setiap team maksimal terdiri dari 6 anggota, yaitu 1 ketua (team leader), 1 wakil (deputy leader), dan 4 siswa/peserta.
Untuk Indonesia, biasanya peserta kompetisi ini diambil atau diseleksi dari peraih medali emas dan medali perak Olimpiade Sains Nasional bidang Matematika, baik dari level SD untuk EMIC, maupun level SMP untuk IWYMIC. Tentunya semua biaya ditanggung oleh Kemendiknas.
Tapi beberapa kali pelaksanaan kompetisi ini, lembaga KPM (www.kpmseikhlasnya.com) berkesempatan mengirimkan siswa/siswi terbaiknya untuk mengikuti IMC ini, dengan biaya yang ditanggung oleh masing-masing peserta.

Berikut adalah file soal lomba EMIC dan IWYMIC, beserta kunci jawaban soal, urut berdasarkan tahun penyelenggaraan.
Semoga bermanfaat J

EMIC  ::>>  Key Stage II Division



IWYMIC  :::>>>  Key Stage III Division


Sumber :
https://klasirane.com

http://obecimso.net/imc_eng/index.php/about/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar